Berita

Sinergi PMI dan KODIM 0709/Kebumen Laksanakan Donor Darah Pada Pembukaan TMMD ke 106
Donor Darah , @ 03/10/2019 16:48:59
PMI Bantu Padamkan Kebakaran Asrama MTs N 1 Kebumen
Berita Terbaru , @ 03/10/2019 16:45:33
Peringati HUT ke 2, Mexolie adakan Donor Darah
Donor Darah , @ 29/09/2019 21:38:29
PMR PERKUAT KARAKTER MULIA
PMR , @ 23/09/2019 10:04:36
Ribuan Mangrove Ditanam dan Ratusan Tukik dilepaslirakan
Berita Terbaru , @ 23/09/2019 09:59:04

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pos Pelayanan Pertolongan Pertama PMI Kebumen Layani Pemudik

Berita Terbaru 20 Juni 2019 13:51:00 WIB admin dibaca 113 kali

PMI Kabupaten Kebumen selama Lebaran 2019 mendirikan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama di Jalan Raya Desa Kaliputih, Kutowinangun. Pos Pelayanan tersebut menyediakan fasilitas Pelayanan Pertolongan Pertama, Ambulans Gratis, Dukungan Komunikasi Radio 2 mtr Band dan Rest Area dengan menyediakan kopi dan minuman gratis serta makanan ringan bagi pemudik.


Sabar Irianto, Ketua PMI Kabupaten Kebumen Sabar menuturkan, pos pelayanan PMI  melayani dari 29 Mei hingga 12 Juni dan telah ditinjau oleh Wakil Bupati H Arif Sugiyanto serta tim Pemda, Kwartir Daerah Pramuka Jawa Tengah dan setiap hari ada pengurus dan Staf Markas yang meninjau Pos Pelayanan PMI tersebut. Pos tersebut bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka Kebumen dan ORARI Lokal Kebumen.


Dijelaskan pula, Posko Pelayanan PMI tiu menempati Gedung BKAD Kecamatan Kutowinangun di Jalan Raya Kebumen-Kutowinangun Km 10 Desa Kaliputih, Kutowinangun. Lokasinya dipilih sebaga area yang rawan kecelakaan lalu-lintas dan jauh dari pelayanan posko yang lain.


Heru Wardoyo, kasi Pelayanan Markas PMI Kebumen menjelaskan Posko Pelayanan terpadu PMI Kebumen itu juga menyediakan mobil ambulans siaga 24 jam, rest area dan parkir, tempat istirahat. Bahkan disediakan minuman teh dan kopi serta makanan ringan gratis bagi yang beristirahat. Selain itu juga menyediakan toilet dan petugas piket setiap hari dibagi tiga shift, yaitu personil sukarelawan PMI 4 orang, ORARI 2 orang dan Pramuka 2 orang.


“Selama Pelaksanaan Pelayanan Pos PMI ini melayani 95 Pemudik yang berisitrihat di Rest Area dan memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan sebanyak 15 orang dengan Luka Ringan, 9 orang dengan Luka Sedang dan 7 orang dengan Luka Berat. Untuk korban kecelakaan dirujuk ke fasilitas medis terdekat, antara lain RSU PKU Muhammadiyah Kutowinangun dan Rumah Sakit Umum dr. Soedirman Kebumen" ujar Heru


Dia menambahkan, untuk pelayanan PMI sehari-hari juga mendirikan Posko PMI di Gedung Markas Jalan Arungbinang No 18 Kebumen.  Posko di Markas PMI selalu diisi petugas piket 24 jam.  Posko tersebut memberikan informasi layanan PMI melalui jaringan media sosial, informasi stok darah setiap saat, prakiraan cuaca, pertolongan pertama serta armada yang di miliki PMI berikut sarana kerja.