Berita

Sinergi PMI dan KODIM 0709/Kebumen Laksanakan Donor Darah Pada Pembukaan TMMD ke 106
Donor Darah , @ 03/10/2019 16:48:59
PMI Bantu Padamkan Kebakaran Asrama MTs N 1 Kebumen
Berita Terbaru , @ 03/10/2019 16:45:33
Peringati HUT ke 2, Mexolie adakan Donor Darah
Donor Darah , @ 29/09/2019 21:38:29
PMR PERKUAT KARAKTER MULIA
PMR , @ 23/09/2019 10:04:36
Ribuan Mangrove Ditanam dan Ratusan Tukik dilepaslirakan
Berita Terbaru , @ 23/09/2019 09:59:04

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / PMR / Detail

PMI Kabupaten Kebumen Selenggarakan Olimpiade PMR

PMR 06 April 2019 12:35:27 WIB admin dibaca 412 kali

Bertempat di SMKN 1 Kebumen, sebanyak 325 peserta mengikuti kegiatan Olimpiade PMR ke-3 yang diselenggarakan oleh PMI kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Forum Tenaga Sukarela Pembina PMR. Peserta kegiatan terdiri dari anggota PMR tingkat Mula (6 tim), Madya (41 tim) dan  Wira (18 tim).  Setiap tim mengirimkan 4 anggota PMR dan 1 Pembina.  Fasilitator dan evaluator kegiatan terdiri unsur Pengurus, Staff, TSR, KSR dan anggota PMR PMI Kabupaten Kebumen


Kegiatan olimpiade PMR yang dilaksanakan pada hari sabtu (30/3) merupakan agenda tahunan Forum Tenagasukarela PMI Kabupaten Kebumen untuk mengevaluasi dan monitoring penguasaan materi kepalangmerahan oleh peserta maupun pembina dimasing-masing unit PMR.


Terdapat empat cabang lomba yaitu wahana kepalangmerahan (Mula,Madya dan Wira), mewarnai komik kepalangmerahan dan menggambar poster kebersihan/kesehatan bagi anggota PMR Mula, membuat media pembelajaran bagi PMR Madya dan presentasi inovasi perekrutan calon pendonor sukarela bagi PMR Wira.


“PMR dari tingkat Mula sampai Wira diharapkan dapat lebih memaksimalkan peranannya sebagai peer leader dengan memberikan contoh perilaku hidup bersih dan sehat kepada teman sebayanya, anggota PMR Madya sebagai peer supportdiharapkan lebih banyak memberikan dukungan kepada teman sebaya dan PMR Wira sebagai peer educator lebih berperan dalam pendidikan terhadap teman sebaya”terang H.Sabar Irianto,SH selaku ketua PMI Kabupaten Kebumen dalam sambutan pembukaan Olimpiade PMR.


“Disertakannya Pembina pada lomba wahana kepalangmerahan agar lebih menguasai tujuh materi pokok kepalangmerahan serta hukum perikemanusiaan internasional. Selain itu, anggota PMR Mula agar lebih tertarik dengan kegiatan PMR. Untuk PMR Madya, dengan pembuatan media pembelajaran diharapkan kegiatan kepalangmerahan lebih menarik sedangkan inovasi perekrutan donor darah ditujukan untuk meningkatkan jumlah calon pendonor sukarela dikalangan siswa SMK/SMA/MA” ujar Muhammad Muslim Mustofa yang biasa dipanggil M3 selaku ketua panita.


Peringkat terbaik olimpiade PMR ke-3 tahun ini diraih oleh SD Negeri Candiwulan Adimulyo untuk tingkat Mula, tingkat Madya SMP Negeri 2 Adimulyo serta SMKN 1 Kebumen untuk tingkat Wira. (Dian Ariyanto)