Berita

Sinergi PMI dan KODIM 0709/Kebumen Laksanakan Donor Darah Pada Pembukaan TMMD ke 106
Donor Darah , @ 03/10/2019 16:48:59
PMI Bantu Padamkan Kebakaran Asrama MTs N 1 Kebumen
Berita Terbaru , @ 03/10/2019 16:45:33
Peringati HUT ke 2, Mexolie adakan Donor Darah
Donor Darah , @ 29/09/2019 21:38:29
PMR PERKUAT KARAKTER MULIA
PMR , @ 23/09/2019 10:04:36
Ribuan Mangrove Ditanam dan Ratusan Tukik dilepaslirakan
Berita Terbaru , @ 23/09/2019 09:59:04

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / PMR / Detail

110 PMR Wira Ikuti Latihan Gabungan

PMR 05 Agustus 2019 11:05:53 WIB admin dibaca 238 kali

KEBUMEN- Bertempat di SMA Negeri 1 Pejagoan, 110 anggota PMR dari 22 pangkalan PMR Wira SMA/MA seluruh Kabupaten Kebumen mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) PMR Wira. Kegiatan yang digelar oleh PMI Kabupaten Kebumen itu diselenggarakan selama dua hari mulai 3 sampai 4 Agustus 2019.

Berbagai materi diberikan kepada peserta Latihan Gabungan PMR Wira , diantaranya pertolongan pertama,  kesehatan remaja, kepemimpinan, donor darah, ayo siaga bencana, serta sharing bareng dengan Relawan PMI yang ditugaskan di daerah Bencana Lombok dan Palu.

Seluruh peserta terlihat serius memperhatikan dengan seksama materi yang diberikan oleh beberapa narasumber dari jajaran PMI Kebumen. Satu di antaranya  Rapa Bagus Panuntun mengatakan kegiatan latgab ini sangat bagus bagi para anggota PMR Wira, terutama sebagai pengembangan skill di bidang kemanusiaan.

"Saya sangat senang sekali bisa mengikuti ini karena mendapat berbagai materi yang menambah kemampuan di bidang kemanusiaan utamanya pertolongan pertama dan sharing pengalaman pada saat penugasan di daerah bencana," tutur siswa kelas dua di SMA Negeri 1 Pejagoan itu.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto melalui Pengurus PMI Bidang PB dan Relawan, Mukhsinun, berharap kegiatan latgab mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peserta, sehingga untuk selanjutnya peserta dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh pada kegiatan ini, di sekolah dan lingkungan masing-masing.

"PMI Kab Kebumen bangga dengan adik2 forpis yg menyelenggarakan kegiatan latgab. Kegiatan latgab ini selain sesuai dengan program kerja PMI Kabupaten Kebumen juga sesuai dengan Tri Bhakti PMR "meningkatkan ketrampilan". Kita sudah tahu bahwa kita hidup di daerah yang rawan bencana "ring of fire" dan rawan penyakit serta tantangan lainnya. Maka sudah seharusnya kita meningkatkan kapasitas/kemampuan dalam menghadapi ancaman dan tantangan. Peran peer educator sangat strategis yang mestinya teman teman pmr wira perankan kepada teman - teman disekitar (sekolah, teman2 di rumah, di masjid, di pondok pesantren) agar senantiasa kita bisa hidup bersih dan sehat, saling tolong menolong dan menyayangi sesama. Sebagai anggota PMR dengan peningkatan kapasitas maka diharapkan ketrampilan yang dimiliki semankin membaik sehingga dalam memberikan pelayanan kelak semakin profesional" ujarnya pada saat membuka kegiatan Latihan Gabungan (3/8)

Mukhsinun mengatakan kegiatan tersebut tidak hanya pemberian materi tetapi juga praktik lapangan pertolongan korban banyak serta Donor Darah. Menurut Mukhsinun, ajakan donor darah kepada PMR ini bagian dari ajakan kepada PMR untuk peduli juga terhadap sesama, sekaligus menanamkan rasa cinta kepada sesama yang bisa dimulai dari hal yang kecil. 

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Kebumen, Eko Purwanto yang memantau jalannya Latgab menuturkan, kegiatan ini juga sebagai ajang menjalin silaturahmi antar sesama pelajar, oleh karena itu pembelajaran dibuat berkelompok dengan mengutamakan sharing atau berbagi pengalaman ketika mereka belajar Kepalangmerahan di masing-masing pangkalan.

"Dengan menjalin silaturahmi tersebut akan memberikan suntikan semangat untuk terus belajar mengenai palang merah, konsep latihan tersebut harapannya setiap PMR bisa belajar untuk berani mengungkapkan gagasan dan menerima masukan ketika ada ketidaksesuaian dengan teori yang ada,” pungkasnya (ekopur)


(Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Eko Purwanto, Kepala Markas PMI Kabupaten Kebumen Hp. 081215553379)